KONTAK

CONTACT PERSON: NURHUDA
PHONE & WHATSAPP: 0812 3023 4596
EMAIL: [email protected]
KANTOR PEMASARAN: Jl. GRIYA KEBRAON TENGAH BLOK.X No.27 - KARANGPILANG - SURABAYA - JAWA TIMUR - INDONESIA
PABRIK DAN KANTOR PUSAT: Jl. DESA SLOROK, KEC.GARUM - KAB.BLITAR - JAWA TIMUR - INDONESIA

23/08/20

Jasa Pasang Bata Tahan Api dan Semen Tahan Api Untuk Rotary Kiln

BATA TAHAN API ROTARY KILN
REFRACTORY LINING UNTUK ROTARY KILN
Specialist Refractory Tahan Api

Dalam pekerjaan refractory pada Industri yang memproduksi barang dalam jumlah besar dan memerlukan proses khusus pemanasan pada bahan bakunya, sering menggunakan tungku pembakaran atau yang biasa disebut Kiln, ada juga sebagian menyebutnya Furnace. Furnace mempunyai jenis dan bentuk bermacam-macam tergantung penggunaan seperti Melting Furnace, Calcining Furnace dan pada umumnya menggunakan Bahan Tahan Api/Refractory di dalamnya.

Tujuan Penggunaan Refractoy Bahan Tahan Api adalah untuk melindungi Body Furnace/Shell besi atau baja atau bahan lain dari tingginya Suhu Api/Pembakaran (Combustion) di dalam Furnace agar tidak sampai merusak Body, dan menjaga suhu pembakaran di dalam Furnace agar tetap Stabil/Normal. Karena Material Tahan Api/Refractory mempunyai komposisi Alumina yang tinggi yang sangat tahan terhadap panas api.

Dalam bidang Refractory Lining seperti pada Rotary Kiln, kami siap membantu dalam segi pemasangan (Install Refractory), Perbaikan (Repair Refractory), Penyedia (Factory) dan memberikan solusi dan menyediakan material dengan kualitas yang sangat baik. Kami menyediakan peralatan khusus (Special Tools) untuk penunjang dalam pelaksanaan pekerjaan dengan mengutamakan hasil yang baik dan berkualitas.

PADA ROTARY KILN, CARA PASANG MATERIAL TAHAN API DAPAT MENGGUNAKAN 2 METODE:

  • MONOLITIC REFRACTORY

Penggunaan Monolitic Refractory atau Bahan Tahan Api/Refractory yang memerlukan proses pencampuran air maupun bahan lain sebelum dilakukan pemasangannya, seperti Semen Cor Tahan Api/Castable Refrtactories. Penggunaan Monolitic Refractory dengan beberapa material berikut:
  1. Anchor Plat / Ass, Penggunaan Anchor yang dipasang pada Body Furnace/Kiln bertujuan untuk mempertahankan bentuk Cor Castable dari pengaruh suhu tinggi dan menahan kekuatan pengecoran Bahan Tahan Api/Refractory.
  2. Ceramic Fiber (Bentuk Board maupun Wool), Sebagai peredam suhu panas yang konduksi dari Insulating Material.
  3. Material Isolasi/Insulation Refractory, Jenis Materialnya seperti Semen Isolasi rendah resapan, rendah semen dan tahan tekan.
  4. Semen Cor Tahan Api/Castable dengan jenis dan daya tahan yang disesuaikan dengan suhu pembakaran Furnace seperti Anti Abrasi, Anti Kimia, Anti Korosi dan Lainnya.

PRODUCT TECHNOCAST CONVENTIONAL CASTABLE/COR SEMEN TAHAN API


PRODUCT CERAMIC FIBER WOOL/INSULATIONS PRODUCT

  • SHAPED REFRACTORY

Penggunaan Shaped Refractory atau Bahan Tahan Api/Refractory yang sudah terbentuk dan siap dipasang dan mempunyai dimensi tertentu sesuai standard,seperti Bata Api/Fire Brick.Pemasangan Lining Refractory Pada Rotary Kiln dengan Metode Multilayer dapat menggunakan beberapa material seperti :
  1. Insulating Brick - Bata Isolasi Tahan Panas,Bata Isolasi Tahan Panas yang mempunyai daya tahan suhu yang hampir sama dengan Bata Api SK, ketahanan suhu bisa sampai 1350°C. Digunakan sebagai Back-up insulation sebelum Fire Brick - Bata Api.
  2. High Alumina Corrundum Brick, Fire Brick SK Maupun HA - Special Fire Brick,Pemilihannya harus tepat,disesuaikan dengan suhu pembakaran dalam furnace, daya tahan tekan, sifat abrasi dan korosi, anti bahan kimia atau sejenisnya, bentuk dan ukuran sesuai diameter rotary kiln, tenaga ahli dan peralatan khusus.

PRODUCT FIRE BRICK SK/BATA API SK30, SK32, SK34, SK36, SK38


Contoh: Pemasangan Refractory Lining Rotary Kiln Dengan Metode Shaped Refractory Fire Brick/Bata Tahan Api
Dengan Operasi kerja secara berputar (Roll),Pemasangan Lining Refratory pada Rotary Kiln harus benar-benar teliti dan tepat.Seperti menggunakan Bata Api/Fire Brick SK, jika pemasangannya tidak tepat dan tidak menggunakan peralatan khusus bisa mengakibatkan robohnya Lining Brick, sama seperti dengan Castable/Semen Cor Tahan Api harus memilih bahan dengan daya lekat dan tahan suhu yang bagus. Rotary Kiln mempunyai beberapa tahap proses pembakaran seperti pada:
  • Dryng/Proses Pengeringan Bahan
  • Preheating/Proses Pembakaran Awal
  • Sintering, Firing/Proses Pembakaran Maksimal
  • Cooling/Proses Pendinginan
Pemilihan Posisi pemasangan Lining Refractory dapat dikonsultasikan, untuk menghemat jumlas cost dan saat proses operation temperature maksimal, tidak sampai merusak Lining Refractory yang diakibatkan oleh pemilihan bahan dan posisi pemasangan Lining Refractory yang salah. Dalam pemilihan jenis ketahanan suhunya harus disesuaikan dengan temperatur operasi suhu dalam Rotary Kiln dan kondisi pembakaran yang kemungkinan mengakibatkan abrasi.

Untuk Informasi Produk,Jasa & Pemesanan Hubungi:
PT BENTENG API REFRACTORINDO
Specialist Refractory & Insulation Product

Contact Person : Bp. Nurhuda

Phone & WhatsApp: 0812 3023 4596



Pabrik dan Kantor Pusat: Jl. Desa Slorok
Katalog Produk PDF: DOWNLOAD KATALOG